Sabtu, 14 Maret 2015

Rahasia

Akhir-akhir ini, pengguna internet dihebohkan sama aplikasi baru yang bernama Secret. What Secret is? Aplikasi berlambang srigala ini adalah sebuah perangkat lunak buat sharing random things about you, secretly. Jadi orang diluar sana gak bakal tau siapa yang ngepost hal-hal yang ada dihome, sama sekali. Identitas dirahasiakan. Ada fiture chatting juga, you can chat with (really) random people near from you. Kalo gak kenalan waktu chat, kalian gak bakal bisa saling tahu siapa sih lawan bicara kita. Hebatnya lagi, fitur chattingnya bakal secara otomatis ngehapus chat history kamu dalam jangka waktu yang udah ditentuin. Sebenernya cara kerjanya mirip-mirip sama omegle, tapi yang ini gak bisa web cam dan yang ini sifatnya lebih kekinian aja.

Secret ini punya beberapa kolom, ada home, ada best, dan ada beberapa kolom lain yang setiap harinya bakal random muncul dismart phone kamu, seperti wish list, job dream, dll, dll. Dikolom best, kamu bakal nemuin banyak hal (terutama cerita) yang dapet respon banyak dari pengguna aplikasi tersebut. Ntah banyak yang ngelove atau banyak yang comment. Pokoknya semakin banyak orang yang ngerespon postingan kamu, semakin besar chance kamu buat masuk dikolom best (sebenernya sih gak penting juga ya). Cerita yang ada diSecret biasanya seputar tragisnya masalah percintaan, seperti jatuh cinta lalu patah hati, seperti diselingkuhin sama sahabat sendiri, atau seperti saling mencintai tapi beda rumah ibadah. Banyak juga cerita-cerita lucu berupa percakapan orang yang ketangkep basah selingkuh, yang ketangkep basah matre, and many kind of funny stories posted on Secret. Menghibur sih sebenernya. Tapi masih belum bisa dapet faedahnya main Secret. Halah, gaya banget.

But unfortunately, gak sedikit orang yang menyalahgunakan aplikasi ini. They using secret for chat sex or something like that. Aplikasi ini rasanya jadi nggak penting buat kelangsungan hidup aku. Makin lama makin banyak orang yang cuma ngepost "M19. chat sex." atau "M20. Bosen, pengen chat." dan cerita-cerita lucupun makin lama makin berkurang. Makin jauh aja sama penemuan faedah dari penggunaan nih aplikasi.

Aku install aplikasi ini H-2 sebelum balik ke tanah perantauan dengan pikiran bakal bosen diperjalanan pulang dan (mungkin) bisa chat atau baca cerita menarik apapun diSecret. Ternyata, hp totally off waktu di jalan karena bener-bener ngantuk. Waktu lagi suntuk di kostan, yang mana tugas belum ada dan kegiatan kuliah juga masih bolong-bolong, im trying to see what's on my secret. Ternyata, yang di Semarang lebih garing daripada yang di Bandung. Kolom bestnya gak dihujani cerita lucu, sweetest stories, atau cerita patah hati. Lebih ke hal-hal gak penting, saking gak pentingnya aku sampe lupa apa aja yang pernah ada dikolom best. Saat itulah ada ide muncul, pertamakalinya ngepost diSecret dan mendapat respon banyak sampai akhirnya masuk kolom best. I find my way to try to using secret in the right way.

Aku menawarkan diri buat dedek-dedek labil yang mau konsultasi seputar galaunya milih jurusan, milih kampus, dan menemukan jurusan yang tepat buat masa depan. Gak cuma buat dedek-dedek, aku juga mempersilahkan mereka-mereka yang kepengen ikut sbmptn lagi untuk yang keduakalinya buat sharing sama aku. Responnya positive. Banyak banget dedek-dedek dan kakak-kakak yang chat me personally buat ngobrol soal masa depan ini. Mereka mengeluhkan tentang ekspektasi mereka tentang jurusan atau universitas yang mereka pengenin dan tentang realita mereka yaitu kemampuan juga nilai rapor. Ada juga yang bahkan bener-bener gak tau minatnya dimana. But mostly, mereka sudah punya pilihan beberapa jurusan tapi masih bingung mau pilih yang mana atau masih bingung sebenernya apa sih yang bakal mereka pelajari kalo pilih jurusan itu. Intinya sih pada minim info.

Aku ngerasain banget minimnya info waktu aku SMA kemarin, guru BK tidak seperti guru bimbel yang intensif banget ngontrol perkembangan kita dan kemauan kita. Guru BK di sekolah juga punya pengetahuan yang minim tentang strategi lolos ujian, strategi pilih jurusan, dan info-info lainnya mengenai perguruan tinggi. Itu sih yang aku rasain waktu dulu, makanya sekarang aku bener-bener buka diri (bahkan menawarkan diri) buat kamu-kamu yang ngerasa masih bingung dengan urusan kuliah and need someone to share about, im rite here for you. Tjie. *keprok-keprok*.

Saat itulah aku ngerasa kalo aku tuh ada gunanya buat orang lain. Waktu chat, aku sama sekali gak nanya namanya siapa, umurnya berapa, laki-laki atau perempuan, sekolahnya dimana, dan hal-hal pribadi lainnya. Aku bener-bener cuma mempertanyakan masalah mereka mengenai persiapan perkuliahan doang. Aku seneng banget, chatnya selalu diakhiri sama kalimat "Ya ampun makasih banget kak. Sekarang aku ngerti!" atau "Makasih banget yaaa, ini baru namanya pencerahan" dan "Okay kak! Terimakasih banyak saran dan masukannya, bener-bener ngebantu. Sukses kuliahnya ya!". Sesimpel berbagi pengalaman, kamu bisa menggiring orang kejalan yang lebih baik. Tjie lagi. Im really using secret in the right way. Coba, kamu pake aplikasi itu buat apa hayo?

Nih, sekarang kamu masih galau gak pilih jurusan buat kuliah? Coba pantengin terus blognya aku ya sampe kamu lelah (yeaa gakkk deng), siapa tau bakal ada tips and trick buat menemukan pilihan yang tepat buat kuliah. It would be up on my site really soon!!

Good luck UNnya dedek-dedek! Semoga pada lulus UN dan bisa kuliah di perguruan tinggi negri yang insya allah terbaik buat kamu (karena apa yang kamu pengenin belumtentu hal paling baik dimata Allah. Yang ini tjie abis). Kalo misalnya nanti pas pengumuman snmptn, sbmptn, um, atau umbpt, kamu keterima di Undip, comment down bellow yaa, nanti kita bisa main bareng! Haha.

0 comment:

Posting Komentar