Kamis, 29 Januari 2015

Kalau Jodoh Nggak Kemana


Ada seekor Penguin jantan sedang terpaku menatap seekor Penguin betina, baginya sang betina memiliki pesona yang membuat hatinya bergetar, yang membuat jantungnya berdebar-debar, yang membuat hidupnya menjadi semakin bersemangat. Sang Penguin jantan jatuh cinta, sejatuh-jatuhnya layaknya seorang manusia, kepada sang betina si pujaan hati. Dihari pertama mereka bertemu, sang betina hanya mencuri-curi pandang terhadap segala hal yang dilakukan sang jantan, ia masih menimbang-nimbang, apa kah bersamanya akan kuhabiskan seluruh sisa hidupku? Lalu sang betina berjalan menjauh sambil mengunyah ikan segar dalam mulutnya, namun dari balik tumpukan salju yang itu dia masih terus mengamati sang jantan.

Dari sekian banyak Pinguin yang melenggang dihadapan mata, hanya satu yang mampu memikat hati sang jantan. Dia. Dihari pertama mereka bertemu, sang jantan sudah bergumam dalam hati, aku akan menghabiskan sisa hidupku bersamanya, she is the only one in my life. Maka disetiap harinya, sang jantan selalu berusaha untuk membuat sang betina tertarik pada dirinya. Hingga hari itu tiba, hari dimana kegiatan bermigrasi para Penguin harus dilakukan, hari dimana mereka akan berpisah dan ntah akankah bertemu lagi atau tidak. Jalan mereka tidak beriringan, sang jantan melepas kepergian sang betina, namun ia selalu menunggu, suatu hari nanti kita akan bertemu lagi.

Dalam perjalanannya berpindah dari satu tempat ke tempat lain, sang betina merasa ada sesuatu yang hilang. Raganya terasa hampa, hari-harinya semakin kosong. Ia kehilangan. Hari demi hari yang pernah ia lewati bersama sang jantan ternyata begitu membekas, membuat ia tidak bisa berhenti memikirkannya, membuat ia ingin kembali lagi ke sana, membuat ia merasakan apa yang pernah sang jantan rasakan. Cinta.

Setelah dipisahkan oleh jarak yang tidak diketahui oleh keduanya, mereka bertemu lagi. Dipinggir gundukan salju yang baru saja turun tadi pagi. Didepan lautan yang dilapisi es-es yang rapuh jika digunakan untuk berpijak. Hari itu mereka bertemu lagi, dibawah sinar matahari yang malu-malu muncul dibalik awan, dibawah langit yang seolah-olah seperti musim panas, cerah, terik, berbahagia, dan bersemangat. Hari itu mereka bertemu lagi, ketika semesta hanya ingin melihat keduanya saling melengkapi.

Ketika bertemu, sang jantan menengadahkan kepalanya ke belekang lalu diikuti oleh sang betina. Lalu keduanya mengepakkan sayapnya berkali-kali dengan penuh semangat. Penguin yang lain melirik sebentar, ada bahagia, gumam mereka. Lalu sang jantan bernyanyi sekencang-kencangnya. They looks like want to show to da world how happy they are when they found each other. A true love is never end, it's totally work for the Penguin.

-

Ketika Penguin jatuh cinta, ia dan pasangannya akan berjodoh seumur hidup. Jarak yang memisahkan keduanya dalam waktu yang relatif lama tidak mengurangi perasaan mereka terhadap sesama.
Ketika Penguin jatuh cinta, mereka akan saling menemukan satu sama lain. Pasti.

-

Untuk kamu, perempuan-perempuan yang kemarin menangis karena patah hati, sudahilah sedihmu mulai malam ini. Mungkin, mantan pacarmu itu pergi karena punya siklus bermigrasi juga seperti Penguin, mungkin makanan di lingkungannya kurang sehingga ia harus pindah ke tempat lain supaya bisa bertahan hidup. Bersamamu, ia selalu merasa ada yang kurang, kurang, kurang, hingga ia merasa ada sesuatu yang harus ia cari diluar sana. Biarkan dia pergi untuk mencari, hingga ia sadar bahwa ia hanya butuh jeda dalam cerita cinta kalian yang panjang. Berhenti untuk menyalahi diri sendiri atas kepergiannya, kamu nggak sepenuhnya salah dalam sebuah hubungan. Biarkan ia bermigrasi, hingga ia sadar bahwa nyatanya dia selalu mencoba mencari kekamuan dalam diri orang lain. Lalu dia akan kembali lagi kepadamu, karena ia tahu bahwa tidak akan pernah ada yang sepertimu. Karena kamu hanya satu. Satu.

Tapi, untuk kamu yang tidak menemukan ia kembali lagi padamu, mungkin ini waktunya kamu bermigrasi? Menjelajah hingga akhirnya kamu menemukan seseorang yang setiap harinya tidak pernah lelah berusaha membuatmu tertarik. Percayalah, kamu akan menemukan sebuah perjuangan pada diri yang lain. Perjuangan dari seseorang yang akan menjalani sisa hidupnya sama kamu, bukan dari orang yang meninggalkan kamu kemarin karena alasan-alasan yang mengada-ada.

Dan,
untuk aku yang selama ini terlalu dalam mencintai seseorang, sudahlah, biarkan kemarin menjadi sebuah cerita yang akan membumbui kenangan-kenanganmu. Biarkan dia menjadi bagian dari ceritamu yang paling kamu suka. Biarkan hatimu bahagia lagi, terbuka, lalu yang tepat akan datang mendekat. Seperti sepasang Penguin yang akan saling menemukan satu sama lain. Biarkan ia pergi untuk suatu hari kembali lagi bersamamu. Atau kalau tidak, biarkan dia menemukan kamu yang lain yang ia temui sebelum kamu, lalu kamu akan ditemukan dengan dia yang lain yang mungkin pernah kamu abaikan kemarin sore.

-

Percayalah, zah, dunia akan baik-baik saja ketika kamu memutuskan untuk berhenti membuang-buang waktumu dengan mencintai seseorang yang sudah kadaluarsa.

Ikhlaslah, memangnya kamu tidak lelah?

2 comment:

putri larasati wulandari mengatakan...

:') penguin dan aku..
ya seperti itulah..

Fikri Maulana mengatakan...

Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

www.fikrimaulanaa.com

Posting Komentar