Rabu, 26 Desember 2012

Manusia Jaman Sekarang Kalah Sama Semut

Suatu hari, sepulang sekolah, gue beli bubur diarah jalan pulang ke rumah. Si bapak tukang bubur, bukan pak haji sulam yang ditipi yaa plis, lagi repot banget ngeladangin pembeli yang lain. Kalo udah gini, gue suka pengen ngebantuin si bapak, biasalah naluri babu gue suka keluar gitu aja. Kasian soalnya. Bayangin aja yaa, orang lain jam segini lagi nyantei-nyantei di rumah, habis makan malem, terus nonton sinetron ditipi sama keluarga. Lah si bapak yang namanya bukan haji sulam ini malah harus banting tulang cari uang buat makan anak istri, gaya banget kan? Mana keliataaaan banget mukanya bingung ngeladangin pembeli yang banyak syarat, jangan pake ini-itu lah, ininya jangan banyak-banyak lah, tambah ini-itu lah, ininya dipisahlah, dan makin bingung ngeliat pembeli yang nyampenya dari tadi tapi nggak pesen-pesen *gue ngacung*. Keasyikan ngeliatin si bapak, gue jadi lupa mesen.

"Pak, buburnya satu. Dibungkus. Gak pake bawang, seledri, sama cakue. Sambel sama kerupuknya dipisah yaa." (Gak cuma bingung dengerin pesenan gue, sibapak langsung tutup lapak dan pulang ke rumah, frustasi).

Lagi nunggu bubur gue jadi, udah tinggal diiket sih plastiknya, ada mbak-mbak berbaju dan berkerudung biru dateng dan berdiri didepan gue, dengan nyelonongnya dia ambil bubur gue, bayar, dan pergi. What-the-f!@#$%^&*_)(*}?! Gak bisa gitu permisi dulu, pesen dulu, tanya dulu tuh bapak bikin bubur buat pembeli yang mana, malah main ambil pesenan orang aja. Udah gede kan? Ngantri kali ah, semut aja yang kecil-kecil segede upil ngantri rapih dan tertib, lo yang udah gede, berkerudung, manusia, punya akal, malah nggak ngerti sopan santun. (Ya Allah, tambahkan kesabaran yang ter-amat untuk zazah ya Allah, gue suka susah nahan emosi kalau sudah tidak diadili seperti ini).

Kesel banget gue malem itu. Yakalo emang dia lagi buru-buru atau ada hal mendesak yang menuntut dia untuk nyolong bubur gue kaya gitu, ya bilang kek, toh gue juga bakal dengan senang hati mempersilahkan. Membara banget gue nih *api-api-api-api-api*. Mau marah, itu perempuan udah langsung ngibrit. Penjualnyapun cuma bisa nyengir, mau gue semprot tapi nggak tega, kasian. Jadi yaudah deh gue ngalah, gue tunggu bubur baru yang lagi dibuatin si bapak.

Papa, yang ngeliat jelas aksi mba-mba-berkerudung-biru-yang-RGH-banget-kelakuannya itu bilang, "Huh dasar. Di Indonesia orang-orang nggak bisa tertib. Padahal masalah sepele doang, ngantri, masih aja suka nyerobot kaya gitu. Di luar negeri mana ada orang kaya gitu." (Maklum, papa bule asli, asli bohongnya, jadi kalo ada apa-apa doyan banget dihubungin sama kehidupan diluar negeri).

Hhhh, Negeri ini penuh dengan ketidak adilan. Yang tertib suka disepelekan, padahal ketertiban itu penting untuk mengubah bangsa menjadi lebih maju. Gimana mau diakui dunia kalau ngantri aja masih suka nyerobot? Yang bikin gue lebih heran yaa, itu mba-mba berjilbab meeeeen. Perasaan gue sih, islam sangat mengajarkan bagaimana bersikap tertib kepada umatnya, sudah dicontohkan juga oleh nabi dan rasul caranya berlaku tertib dalam kehidupan sehari-hari. Yaelah, itu mba-mba nyatanya gak paham sama ajaran nabinya, buktinya tuh enaaaaak banget nyerobotnya, gak ada beban gitu (iya, malah gue yang kena beban, beban hati yang tak sanggup lagi menunggu sesuatu yang tidak pasti *kok ngode sih, zah?*). Nggak malu emang mba sama KTP?

Agama: Islam.
Hobi: Nyerobot orang kalo lagi beli bubur.

Plis, mbak. Nggak kece banget -_-

0 comment:

Posting Komentar